harga-mobil-mitsubishi

PT Dwindo Berlian Samjaya

Jl. Radin Inten II No.2 Kel. Duren Sawit Kec. Duren Sawit Jakarta Timur DKI Jakarta – Indonesia 13440 Telp :021-29483888 Fax :021-29489454 Hotline Sales (WA) : 081318885090

Saat Macet, Tuas Transmisi Mobil Matik Harus di “N” atau “D”

Saat Macet, Tuas Transmisi Mobil Matik Harus di “N” atau “D”

Kondisi jalanan yang macet terutama di daerah perkotaan membuat sebagian besar orang memilih untuk menggunakan mobil matic. Namun nyatanya, masih ada beberapa pengemudi mobil matic yang keliru dalam menempatkan tuas transmisi saat menghadapi kemacetan.

Perdebatan apakah tuas transmisi berada di posisi N (neutral) atau D (Drive) saat menghadapi kemacetan masih menjadi topik utama yang sering dibahas. Menurut pemilik bengkel spesialis Worner Matic, Hermas Efendi Prabowo, pemahaman bahwa mengemudi mobil matic saat macet di posisi D akan membuat transmisi cepat rusak, tidaklah benar.

Faktanya posisi tuas transmisi di D saat berhenti karena macet tidak menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi. Hal ini berdasarkan pada kinerja sistem transmisi dalam gearbox yang akan otomatis berhenti meskipun tuas berada di posisi D. Sementara adanya entakan jika tuas berada di posisi D adalah hal yang wajar dan tidak berpengaruh secara signifikan pada transmisi.

Meskipun demikian, Hermas menyarankan untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi N saat kondisi macet dengan alasan keselamatan. Menempatkan transmisi di D saat macet berpotensi menyebabkan kecelakaan akibat kaki pengemudi yang tidak nyaman jika terus-menerus menginjak pedal rem.

Senada dengan Hermas, pemilik bengkel Engine Block Autoworks, Hadi Taruna juga mengatakan bahwa jika menempatkan tuas transmisi di posisi D pedal rem harus terus diinjak. Hadi juga menyarankan pengemudi mobil matic untuk menempatkan transmisi ke N saat kondisi macet lama. Jika macetnya bersifat merayap atau stop and go, tidak masalah menempatkan tuas transmisi ke D.

Berdasarkan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak masalah menempatkan tuas transmisi di posisi D atau N ketika macet. Selain itu, menempatkan tuas transmisi bisa dilihat dari jenis kemacetannya. Posisikan tuas transmisi ke D ketika menghadapi kemacetan yang merayap, sementara jika menghadapi kondisi macet lama lebih baik tuas transmisi berada di posisi N.

Yuk kenali mobil matic Anda lebih baik lagi agar mengemudi menjadi nyaman, dan perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Sumber:

“Perdebatan Tuas Tranmisi Mobil Matik di D atau di N saat Berhenti”:https://otomotif.kompas.com
/read/2020/01/26/110200715/
perdebatan-tuas-tranmisi-mobil-matik-di-d-atau-di-n-saat-berhenti

“Posisi Transmisi Mobil Matik di Kondisi Macet, Baiknya di D atau N?”: https://kumparan.com/kumparanoto/
posisi-transmisi-mobil-matik-di-kondisi-macet-baiknya-di-d-atau-n-1rHMXbGyv3R